Perkembangan Pendidikan Kabupaten Tuban

Perkembangan Pendidikan Kabupaten Tuban - Ya,pendidikan merupakan komponen utama atau suatu indikator sebuah daerah dengan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas.Semakin baik pendidikan yang difasilitasi dan diberikan oleh suatu daerah kepada warga atau rakyatnya maka semakin baik pula kualitas SDM dari sebuah daerah tesebut.

http://tarunakompetisi18.blogspot.com/2017/05/perkembangan-pendidikan-kabupaten-tuban.html
Kantor Dinas Pendidikan,Pemuda dan Olahraga
Seperti hal-nya Tuban yang terus membenahi sistem pendidikannya,mulai dari tingkat SD/MI,SMP/Mts,SMA/MA/SMK.bukan hanya dari segi sistem pendidikan,tuban juga membenahi infrastruktur atau sarana dan prasarana yang menunjang berjalannya suatu pendidikan yang baik dan nyaman.

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya lembaga sekolah yang melakukan pembangunan gedung-gedung atau ruangan untuk menampung para murid atau siswa yang akan belajar di sekolah tersebut.

Ketersediaan infrastruktur atau sarana dan prasarana yang baik, membuat minat belajar masyarakat mulai meningkat.Hal ini dibuktikan dengan bertambahnya murid yang ingin belajar setiap tahun.tak hanya dari lokal,bahkan luar kabupaten banyak yang berdatangan ke Tuban hanya untuk menimba Ilmu.

Kabupaten Tuban juga dipercaya oleh pemerintah Indonesia untuk merealisasikan pemerataan pendidikan khususnya bagi pelajar yang berasal dari Papua untuk mendapatkan pendidikan yang layak.dengan,mendaftarkan beberapa pelajar Papua ke beberapa kabupaten salah satunya adalah kabupaten Tuban.

Kepercayaan yang diberikan oleh Pemerintah indonesia kepada pemerintah Kabupaten Tuban tak lantas menjadikan bupati Tuban lupa akan bagian-bagian kecil di daerah Tuban,yaitu kecematan atau desa.Beberapa wilayah kecamatan di kabupaten Tuban juga ikut serta pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah kabupaten Tuban untuk mewujudkan sekolah yang layak dan nyaman untuk kegiatan pembelajaran,dengan menggelontorkan sejumlah dana untuk pemerataan pembangunan sistem pendidikan di Kabupaten Tuban khususnya di wilayah desa-desa terpencil.

Dengan Tingginya minat belajar masyarakat Tuban,banyak lembaga sekolah yang menunjukkan kualitas dan eksistensi mereka dengan promosi baik dengan banner atau baleho,penyuluhan, kegiatan sosial,dan sebagainya.hal tersebut dilakukan untuk menuruti pemikiran masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya ke sekolah yang berkualitas dan bersumber daya yang handal.

Dan Bukti lain bahwa Tuban sudah maju dalam sektor pendidikannya adalah,adanya sekolah yang bertaraf Internasional dan Nasional.contoh sekolah yang bertaraf internasional adalah SMP Negeri 1 Tuban,SMP Negeri 3 Tuban,SMA Negeri 1 Tuban,dan SMK Negeri 1 Tuban.dan yang bertaraf Nasional antara lain,SMP Negeri 5 Tuban dan Puluhan SMA dan SMP di Tuban.

Pemberian kurikulum pembelajaran dan pengelolaaan waktu belajar efektif yang baik kepada murid atau siswa yang diatur oleh pihak lembaga sekolah di Tuban,yang sudah terbukti sangat efektif. dimana,jam-jam khusus untuk melakukan kegiatan pembelajaran,maupun ekstrakulikuler atau jam tambahan.dengan adanya jam tambahan,para siswa diberi kebebasan untuk mengembangkan minat dan bakat yang mereka miliki dengan banyaknya pilihan kegiatan ekstrakulikuler.Jadi,siswa tak hanya memiliki kemampuan akademik saja namun,juga kemampuan non-akademik seperti Olahraga.

Tak hanya pendidikan Tingkat dasar dan menengah,Tuban juga memiliki pendidikan tingkat tinggi seperti Universitas Sunan Bonang, Universitas PGRI Ronggolawe(UNIROW) yang dulunya dikenal dengan IKIP PGRI Tuban yang ada di jalan Manunggal,dan Sekolah Tinggi Ilmu kesehatan Nahdlatul Ulama’ [STIKES NU Tuban]

Dengan ,Sistem Pendidikan di kabupaten Tuban yang sekarang sudah baik.Bukan berarti kita tak melakukan perubahan atau pembenahan untuk masa mendatang.Telah kita ketahui ,bahwa teknologi terus berkembang dan kita hidup di era globalisasi.Yang dimana kita dituntut untuk saling bersaing dengan orang lain untuk menuju apa yang kita impikan.Tentu itu semua harus dibarengi dengan pendidikan yang tinggi.Ya,Semoga Pendidikan di Kabupaten Tuban bisa terus berkembang dan menjadi lebih baik dan berkualitas.Baik dari segi Sistem Pendidikan,Sarana Prasarana,dan sebagainya.

Karena,dengan sistem pendidikan yang baik maka akan banyak melahirkan prestasi dan SDM yang berkualitas dan unggul.

Hal-hal diatas merupakan bukti bahwa Kabupaten Tuban telah menjalankan roda pemerintahan dengan baik,khusunya pada bidang Pendidikan.

www.smktjp.net

Powered By : TarunaKompetisi

Note :
-Kami tidak menerima Backlink dalam Komentar, baik link keadaan aktif maupun hidup tanpa persetujuan saya.
-Harap menggunakan kata-kata yang sopan dan tidak menyinggung perasaan orang lain.
-Tolong Disable AdBlocker anda disitus ini, kami sangat menghargai pembaca sehingga kami menempatkan iklan pada tempatnya dan tidak mengganggu anda dalam membaca.