Profil Lengkap Kabupaten Tuban

Profil Kabupaten Tuban - Kabupaten Tuban merupakan kabupaten  yang memiliki jumlah penduduk sekitar 1,2 Juta yang bertempat masing-masing di 311 Desa,17 Kelurahan dan 20 Kecamatan yang Tersebar di wilayah kabupaten Tuban.Wilayah Kabupaten Tuban berada di jalur pantai utara (Pantura) Pulau Jawa.Mempunyai Luas 1.904,70 km² dan panjang pantai yang mencapai 65 km.Bisa dikatakan bahwa Tuban memiliki Lokasi Yang Strategis karena berada di jalur Pantura dan berdekatan dengan perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah.Maka,tak heran pada masa dulu kabupaten Tuban dijadikan pelabuhan utama oleh armada kerajaan Majapahit dan sebagai penyebaran agama Islam oleh Wali Songo.
http://tarunakompetisi18.blogspot.com/2017/05/profil-lengkap-kabupaten-tuban.html
Patung Letda Sucipto
Banyak Julukan yang dimiliki oleh Kabupaten Tuban.Seperti,Bumi Wali,Kota Seribu Goa,Kota Koes Plus,Bumi Ronggolawe,The mid East of Java,dan Kota Tuak yang akan saya jelaskan lebih lanjut.Kabupaten Tuban dari masa dulu , sekarang , dan nanti sudah banyak yang berubah.Itu terjadi dikarenakan Kabupaten terus berbenah dari segala permasalahan yang terjadi,baik dari segi pendidikan,perekonomian,kebudayaan,dan sebagainya yang tentu telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang ingin mempunyai taraf hidup lebih baik.

Julukan-Julukan 

http://tarunakompetisi18.blogspot.com/2017/05/profil-lengkap-kabupaten-tuban.html
Logo Kabupaten Tuban
  • Disebut sebagai Bumi Wali karena dahulu kabupaten Tuban dijadikan tempat penyebaran agama Islam oleh para Wali, baik yang termasuk Wali Songo seperti Sunan Bonang maupun yang tidak terkategori Wali Songo seperti Sunan Bejagung.
  • Lalu,ada kalangan lain yang menyebut kota Tuban sebagai “Kota Tuak” karena daerah Tuban sangat terkenal akan penghasil minuman (tuak & legen) yang berasal dari sari bunga siwalan (ental).
  • Juga ada julukan Kota Seribu Goa,yang diiberikan kepada kota tuban karena kondisi geografis dari kota Tuban ini di kelilingi oleh gunung Kapur yang membentuk sebuah goa,bahkan ada juga yang memiliki stalaktit dan Stalakmit.beberapa Goa yang terkenal adalah,Goa Akbar,Goa Putri Asih,dan sebagainya.
  • Kota Koes Plus.Yah, mungkin kebanyakan sudah mengetahuinya tanpa dijelaskan.Siapa “Orang Tua” yang tak mengenal salah satu Group Band Kondang asal Tuban yang sempat di penjara karena mewakili unsur aliran politik kapitalis,pada masa pemerintahan Ir.Soekarno yang sedang gencarnya gerakan anti kapitalis.
  • Disebut Juga Bumi Ronggolawe,karena Ronggolawe adalah pahlawan besar kota Tuban.

Ekonomi dan Industri

Perekonomian di Kota Tuban juga tak terlalu buruk,terbukti dari tahun 2010 Dengan jumlah penduduk sebanyak 1,12 juta jiwa, pendapatan perkapita diperkirakan mencapai Rp 11,27 juta per tahun. Sebagai perbandingan, pendapatan perkapita Jawa Timur adalah Rp 20,7 juta per tahun.

Dibagian Sektor Industri yang terkenal sekaligus terkenang oleh masyarakat luas adalah Industri Batik Gedog yang terletak di daerah kerek,Kabupaten Tuban.dan Hasil Pendapatan dari sektor pariwisata juga lumayan menguntungkan dan terbukti dapat mendorong perekonomian masyarakat Tuban.
http://tarunakompetisi18.blogspot.com/2017/05/profil-lengkap-kabupaten-tuban.html
Pusat oleh-oleh Khas Tuban

Tuban juga mempunyai pusat oleh-oleh untuk para turis yang sedang berlibur ke kabupaten Tuban.Pusat Oleh-oleh ini bertempat di Rest area Tuban,Jln.Teuku Umar no.17.Disini banyak dijual aneka oleh-oleh khas tuban.

Kebudayaan

Tak hanya kaya akan tempat wisata,kota Tuban juga kaya akan budaya.seperti tarian sandur yang merupakan pertunjukan rakyat yang digelar di tanah lapang atau di halaman yang bersifat komunal.Lalu,Lagu Tombo Ati yang diciptakan oleh Salah Satu wali yang termasuk wali songo yaitu Sunan Bonang.Dan yang lain seperti Peringatan Haul Sunan Bonang dan Sedekah Bumi.

Pariwisata dan Hiburan

Tuban juga memiliki Tempat wisata yang sangat banyak,seperti GOA Akbar,Pantai Sowan,Air terjun Nglirip,dll.Tempat Wisata religi pun juga dimiliki oleh kabupaten tuban,seperti : Makam Sunan Bonang,Makam Syekh Maulana Ibrahim Asmaraqandhi,dan sebagainnya yang dapat dilihat lebih lengkap di sini

Tuban baru-baru ini juga telah menyelenggarakan Hiburan Rakyat yang bertajuk IKAPETE(Ikatan Alumni Pesantren Tebu Ireng Indonesia) yang diselenggarakan di GOR Rangga Jaya Anoraga yang berlangsung sepekan.
http://tarunakompetisi18.blogspot.com/2017/05/profil-lengkap-kabupaten-tuban.html
IKAPETE
Selain digunakan untuk acara-acara atau kegiatan berbasis formal seperti IKAPETE.Yang namanya GOR (Geduang Olahraga),ya pasti tempat ini juga digunakan sebagai sarana olahraga oleh masyarakat Tuban,dan pada hari minggu diadakan Car Free Day (CFD).

Mata Pencaharian

Penduduk Kabupaten Tuban rata-rata bermata pencaharian dari bercocok tanam/pekebun atau bekerja di bidang pertanian sedangkan sisanya merupakan nelayan, perdagangan dan pegawai negeri. Potensi ekonomi yang dimiliki Kabupaten Tuban sangat beraneka ragam sumbernya. Selama ini potensi ekonomi yang telah dikembangkan di Kabupaten Tuban antara lain:
  1. Tanaman pangan
  2. Hortikultura
  3. Perkebunan
  4. Perikanan
  5. Peternakan
  6. Kayu pertukangan dan kayu bakar
  7. Industri pengolahan besar dan sedang
  8. Industri kecil dan kerajinan rumah tangga
  9. Perdagangan
  10. Hotel dan restoran
  11. Hasil tambang
  12. Pariwisata
Sektor unggulan yang dimiliki Kabupaten Tuban yaitu sektor pertanian khususnya tanaman pangan. Dari sektor pertanian tanaman pangan, padi merupakan komoditas yang paling diunggulkan dari ketiga komoditas lainya yaitu jagung, kacang tanah dan ubi kayu. Potensi yang bisa ditingkatkan perkembanganya selain sektor tanaman pangan antara lain pertambangan dolmit, minyak dan gas bumi, pariwisata dan potensi besar lainya yaitu pelabuhan laut.



Baru-baru ini Tuban telah mendapatkan kabar baik yaitu, Tuban terpilih sebagai tempat proyek Kilang Minyak modern yang akan dikerjakan pertengahan 2017 nanti.Dengan adanya proyek tersebut ,terbukalah lapangan kerja baru yang diharapkan masyarakat tuban mendapatkan pekerjaan yang layak dan dapat memanfaatkan peluang yang ada.karena,adanya proyek ini seluruh lini masyarakat Tuban akan terkena imbasnya.mulai dari bisnis KOS-KOSan , Laundry , Tempat Makan atau Restoran , dan sebagainya.yang semoga seluruh lini dapat bersinergi dengan baik untuk masa sekarang dan masa depan,agar terwujudnya kemakmuran masyarakat Tuban yang telah di dambakan oleh masyarakat Tuban sendiri.
Powered By : TarunaKompetisi

1 komentar:

Note :
-Kami tidak menerima Backlink dalam Komentar, baik link keadaan aktif maupun hidup tanpa persetujuan saya.
-Harap menggunakan kata-kata yang sopan dan tidak menyinggung perasaan orang lain.
-Tolong Disable AdBlocker anda disitus ini, kami sangat menghargai pembaca sehingga kami menempatkan iklan pada tempatnya dan tidak mengganggu anda dalam membaca.